Posted on Leave a comment

Sejarah Facebook Ads Yang Anda Harus Tahu

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang cukup populer. Facebook ini merupakan salah satu situs online yang dirancang oleh mark zuckerberg. Mark zuckeberg adalah seorang mahasiswa drop-out dari universitas Harvard yang merupakan sosok orang sukses di usia muda yang luar biasa. Dimana dari hasil ciptaannya tersebut marke zuckeberg telah memiliki kekayaan lebih dari 1.5 miliar dolar AS.

Pada awal peluncuran Facebook, sebenarnya aplikasi ini hanya untuk digunakan khusus Mahasiswa/Mahasiswi di Universitas Harvard sehingga yang memiliki akses penggunaannya hanya anggota yang memiliki alamat email Harvard saja. Namun seiring perkembangan Facebook yang semakin pesat, membuat para investor mulai berani melakukan investasi pada proyek ini karena para investor menganggap faceook menjadi proyek yang memiliki masa depan yang cerah.

Perkembangan selanjutnya pada tanggal 26 September 2006, Facebook mulai terbuka untuk mahasiswa dari universitas lain. Kini Facebook merupakan situs jejaring sosial yang paling ramai dikunjungi dengan jumlah anggota lebih dari 200 juta.

Dalam mengembangkan facebook Mark Zuckerberg tidak sendirian, ia juga dibantu oleh teman terdekatnya bernama Eduardo Saverin dengan nilai investasi sebesar $1.000, selanjutnya Facebook mulai diluncurkan pada 4 Januari 2004, kemunculan facebook untuk pertama kalinya ini disambut antusiasme dari para pendaftar. Namun antusiasme pendaftar ini mulai menimbulkan kesulitan sehingga menyebabkan Mark Zuckerberg kewalaham sehingga memutuskan untuk mulai mencari partner lain untuk membantunya dalam hal programming facebook ini, maka bergabunglah Dustin Moskovitz. Ditambah lagi 2 teman lainnya yaitu Andrew McCollum (graphic Artist) dan Chris Hughesyang ikut membantu memperkenalkan Facebook kepada khalayak publik. Semangat dari teman temannya ini semakin memperkuat Ambisi Mark Zuckerberg dalam mengembangkan Facebook. Bahan seiring perkembangannya itu juga telah menjadikan facebook sebagai salah satu situs bisnis online hal ini dimulai sejak mark dkk menggaet seorang asisten pendiri napster yaitu sean parker.

Pada saat mark zuckerberg akan meluncurkan facebook, trio harvard connetion mengetahuinya sehingga mereka mulai kebakaran jenghot dan akhirnya melaporkan mark zuckerberg ke pihak kampus hingga ke pengadilan. Hal ini mereka lakukan karena mereka merasa mark telah berkhianat dan merampok hak mereka.

Dan pada akhirnya tiro harvarf connection ini mencoba membuat program facebook untuk mereka sendiri. Mereka meluncurkan sebuah program bernama connectU namun kenyataannya program yang mereka luncurkan itu tidak laku dimana dalam beberapa tahun diluncurkan mereka hanya berhasil mengumpulkan 15 ribu anggota saja tanpa ada peningkataan secara signifikan setiap tahunnya. Setelah bertarung dipengadilan antara facebook dan connect U akhirnya terjawab dan selama 4 tahun akhirnya selesai dimana facebook akhirnya bersedia membayar sejumlah uang dan saham kepada connectU.

Meski facebook yang terlihat sukses namun kenyataannya para pemegang saham facebook tak sesukses programnya. Seperti eduardo saverin (temam dekat mark zuckerberg) justru terdepak dari facebook setelaj selisih paham dengan mark. Begitu juga dengan sean parker (partner mark zuckerberg) juga ikut mengundurkan diri setelah ia dituduh oleh mark memiliki kokain dan sakau meski hal ini dibantah mentah mentah oleh sean. Lain hal denhan chris huges, ia mengundurkan diri dari facebook karena ia telah bekerja untuk presiden amerika Barack obama.

Dari sejarah facebook. Kita telah mendapatkan hikmah yang sangat berarti bahwasanya “uang bukan segalanya”. Hal yang mengejutkan lagi, mark menolak mentah mentah tawaran yang cukup besar dari yahoo yang ingin membeli facebook dengan harga sebesar $ 1.000.000 . Namun hal gila ini ia tolak menjadi keputusan yang sangat benar dan paling pintar. Mengapa?, karena semakin lama facebook semakin berkembang pesat jingha nilai facebook justru jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai harga yang ditawarkan oleh yahoo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *