Posted on Leave a comment

Bagaimana Membuat Iklan Kreatif Facebook Ads

Persaingan bisnis yang semakin ketat di Facebook mendorong para digital marketer berpikir lebih keras untuk menciptakan konten iklan menarik. Membuat iklan memang semakin mudah, sayangnya konsep yang kurang matang tak akan berhasil menggenjot produk Anda ke target pasar yang sudah ditentukan.

Salah satu aspek yang akan meningkatkan daya tarik hingga pesan iklan produk adalah desain. Anda bisa mengaplikasikan kiat-kiat di bawah ini untuk mendesain iklan yang lebih berkualitas.

Tidak terpaku pada satu desain

Tanpa memusingkan tingkat keahlian maupun berapa lama Anda beriklan di Facebook, usahakan untuk tak terpaku pada satu jenis desain. Jika Anda memiliki lebih dari satu konsep, aplikasikan yang potensial untuk produk. Paling tidak siapkan empat desain iklan Facebook yang akan diuji kelayakannya. Selain itu, kombinasikan gagasan-gagasan baru yang muncul dalam benak Anda. Variasi beberapa jenis konten seperti teks, gambar, dan video akan menurunkan kejenuhan pada iklan tersebut.

Menciptakan persona konsumen

Tak hanya meningkatkan daya nilai iklan, menciptakan persona konsumen pun menunjang pelayanan Anda terhadap mereka. Apakah konsumen Anda pria, wanita, atau keduanya? Pekerjaan apa yang target pasar lakukan? Apa masalah mereka akan selesai dengan membeli dan memakai produk Anda? Dengan catatan ini, Anda akan semakin lancar mengonsep iklan Facebook. Pangsa pasar akan melihat produk Anda sebagai jalan keluar yang mereka cari alih-alih sekadar ‘barang dagangan’.

Hilangkan keraguan konsumen

Ternyata, ada satu emosi yang berpengaruh besar terhadap keputusan pembelian dari konsumen, yakni ketakutan (fear). Sebagian besar konsumen enggan membeli produk yang kurang meyakinkan karena takut uang mereka terbuang sia-sia. Maka dari itu produk yang diberikan secara cuma-cuma biasanya efektif menghilangkan kegentaran tersebut. Dalam beriklan, trik ini dapat diterapkan dengan menambah bukti sosial seperti testimoni dari orang-orang terpercaya.

Menggunakan gambar menonjol

Pemilihan gambar yang Anda pasang dalam iklan berdampak pada pertimbangan pembelian. Alangkah baiknya Anda cermat dalam memilah konten visual, misalnya dengan memakai gambar menonjol, tapi mempunyai karakter kuat yang mewakili karakter produk. Gunakan juga gambar beresolusi tinggi yang bisa Anda beli di website penyedia foto atau mengunduhnya langsung di website foto gratis. Langkah ini akan mencegah Anda dari masalah hak cipta.

Pakai sisi rasional dan emosional

Sisi rasional memang dibutuhkan dalam pembelian, tetapi jangan lupakan juga sisi emosional yang akan memantapkan konsumen memilih produk Anda. Mengapa demikian? Pasalnya, berbeda dari sisi rasional yang memandang kepentingan fitur maupun layanan, maka sisi emosional dimainkan saat bertemu benefit dari produk yang ditawarkan. Dalam hal ini, jangan sungkan memperlihatkan manfaat produk dalam iklan yang Anda rancang.

Selamat mengonsep desain iklan Facebook terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *